Usaha Martabak Mini, Manis Dan Terlor 99 % Menguntungkan

3 min read

usaha martabak

Berbicara Usaha Martabak adalah suatu hal yang sangat menarik untuk kita bahas, karena bisnis yang satu ini sudah terbukti dari tahun ketahun mampu bertahan mengikuti perkembangan zaman.

Usaha martabak kini juga sudah banyak yang berevolusi menjadi bisnis restoran dan dikemas dengan lebih moderen sehingga lebih meningkatkan nilai jual martabak itu sendiri menjadi lebih baik.

Yang paling fenomenal sebut saja seperti martabak markobar yang merupakan bisnis martabak milik anak presiden jokowi. yang kini menjadi salah satu brand martabak yang cukup disegani meskpun tak sedikit juga yang memandang sebelah mata bisnis miliknya.

Nah, bagi anda yang juga tertarik untuk memulai usaha martabak ini, kali ini kita akan bahas secara lengkap dan tuntas dari mulai jenis jenis martabak, cara memulai bisnis martabak, hinga bagaimana menjadi pengusaha martabak yang sukses.

So !! Mari kita mulai pembahasanya.

Jenis Jenis Martabak

Jenis Jenis martabak yang umum dimasyarakat saat ini adalah, martabak telor, martabak mini dan martabak manis ( terang bulan). Ketiganya memiliki prospek pasar yang sangat bagus karena memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.

Martabak telor

Martabak telor memiliki rasa yang leibh gurih dan tekstur yang lebih padat dibandingkan martabak yang liannya, karena memang pengarus dari telur serta cara membuatnya yang harus di goreng.

martabak manis

Sedangkan martabak manis memiliki tekstur yang lebih lembut serta rasa yang lebih manis layaknya kue, karena memang pembuatannya yang di pangang dan tidak digoreng.

Martabak mini

Dan untuk martabak mii sendiri sebenarnya merupakan pengembangan dari martabak manis yang dikreasikan dengan bentuk yang lebih kekinian dengan aneka rasa toping yang menggiurkan, seperti pengembangan yang dilakukan oleh martabak markobar dengan martabak 8 rasanya.

Cara Memulai Usaha Martabak

Nah, bagi anda yang tertarik untuk memulai usaha martabak, anda bisa memilih salah satu jenis martabak diatas. Baik itu usaha martabak mini, usaha martabak manis, dan usaha martabak telor bisa anda pilih yang menurut anda sesuai dengan daerah anda.

Tapi bagaimana cara memulainya? berikut ini step by step yang bisa anda lakukan :

Belajar Membuat Martabak

Yang pertama tentu anda harus belajar dan mengusaha cara membuat martabak yang enak dan berbeda dari pasaran, kalau perlu anda buat kreatifitas dengan membuat toping ataupun bentuk yang berbeda sebagai lead magnet martabak yang anda jual.

Dan untuk belajar membuat martabak ini anda bisa melakukannya dengan cara :

Belajar Secara Otodidak

Dizaman sekarang sudah banyak tersedia materi materi untuk belajar membuat martabak secara otodidak baik itu di google ataupun di youtube anda bisa dengan mudah menemukannya

Salah satunya di vidio youtube di bawah ini:

Atau di vidio di bawah ini jika anda ingin belajar membuat martabak mini

Dan di vidio di bawah ini jika anda ingin belajar membuat martabak telor yang enak

Intinya jangan takut untuk mencoba dan meluangkan waktu untuk belajar dan menjadi ahli lebih dahulu di dalam bidang yang anda inginkan, agar anda bisa membuat kreasi menu baru yang bisa bersaing nantinya di pasaran.

Gak usah takut gagal, karena kegagalan itu adalah hal yang lumrah ketika kita sedang belajar dan dari kegagalan kegalan itulah kita bisa belajar.

Magang Menjadi Penjual Martabak

Anda bisa juga magang ataupun melamar di salah satu penjual martabak di kota anda, sehingga anda bisa belajar langsung dari ahlinya dan mempelajari secara langsung pemasaran bisnsi martabak.

Cara yang nomor 2 ini saya sangat rekomendasikan karena anda bisa mengetahui secara langsung fakta dilapangan tentang bisnis martabak ini, hanya saja tentu mungkin di perlukan waktu untuk mendapatkan tempat magang ataupun orang yang mau mepekerjakan anda.

Namun salah satu triknya adalah bilang saja anda rela dibayar seadanya yang penting anda bisa belajar membuat martabak dan bisa mendapatkan pekerjaan, saya yakin pasti banyak yang mau memperkerjakan anda.

Bergabung Menjadi Mitra Franchise Martabak

Jika anda tidak mau repot memulai usaha martabak dari NOL, maka anda bisa bergabung menjadi mitra franchise martabak yang sudah memiliki brand yang cukup terkenal.

Sehingga anda tidak perlu susah payah belajar dari nol, karena semua sudah disediakan oleh si franchisor, baik it materi pelatihan, pemasarn serta yang lainnya.

Hanya saja, tentu di perlukan modal yang tidak sedikit jika anda ingin bergabung dengan salah satu franchise martabak ini, karena umumnya mereka memberlakukan biaya yang cukup menguras kantong. sehingga untuk para pemula lebih baik untuk memulainya dengan usaha sendiri saja lebih dahulu

Modal Usaha Martabak

Untuk modal usaha martabak ini saya fikir tidaklah terlalu besar, karena anda bisa memulainya dengan berjualan di depan rumah ataupun di pinggir jalan dengan peralatan seperti komor, loyang, ember plastik tertutup, tabung gas, sedok, pisau yang saya yakin banyak diandata anda yang sudah memilikinya di dapur, sehingga tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.

Modal yang terbesar adalah biaya untuk membeli gerobak, jika memang anda berniat untuk berjuala martabak di tempat tempat yang strategis dikota anda.

Tapi untuk tahap pemula tidak harus anda paksakan, karena semua itu bisa dilakukan seiring perkembangan usaha martabak anda nantinya

Tips Sukses Usaha Martabak

Kalau menurut saya pribadi kunci sukses dalam usaha martabak adalah melakukan ivoasi dari jenis martabak itu sendiri, agar anda bisa memiliki nilai lebih dimata konsumen.

Karena jika anda hanya menjual martabak yang sama dengan yang sudah ada dipasaran, tentu akan terkesan sudah “basi” dan tidak ada hal yang menarik bagi konsumen.

Seperti martabak markobar contohnya, mereka sukses karena berhasil menciptkan martabak 8 rasa dengan toping premium, sehingga walaupun di jual dengan harga yang cukup mahal, nyatanya banyak orang yang menyukainya dan tertarik untuk mencoba karena memang sebelumnya belum pernah ada dipasaran.

Jadi, saran saya buat anda yang ingin memulai usaha martabak anda harus bisa menciptkan varian baru di dalam jenis martabak yang bisa menjadi branding usaha anda.

Selain dari pada itu faktor lokasi juga turut mendukung kesuksesan usaha anda, karena walau bagaimanapun, lokasi yang sarategis tentu lebih berpeluang untuk sukses dibandingkan dengan lokasi yang seadanya.

Untuk itu untuk menyiasatinya anda bisa berjualan di lokasi lokasi yang sudah ramai, dengan menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Jangan sungkan juga untuk mencoba lokasi lokasi yang ada sampai anda menemukan lokasi yang cocok.

Harga Jual Martabak

Untuk harga jual martabak sendiri, anda tidak harus berpatokan dengna harga jual yang ada di pasaran, karena semua itu bisa anda sesuaikan dengan seberapa harga bahan yang anda gunakan. Jika bahan yang digunakan cukup banyak, maka anda bisa menjualnya sedikit lebih mahal.

Namun sebagai pendatang baru, anda bisa juga melakukan promo harga yang murah untuk menarik simpat konsumen dan memperkenalkan martabak anda kepada masyarakat.

Jika mereka sudah meras cocok dengan rasa martabak anda, maka anda bisa dengan mudah menjualnya dengan harga berapaun nantinya.

Demikianlah ulasan kita tentang usaha martabak. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *